Lembaga Pemeriksa Halal di Sulawesi : Universitas Cokroaminoto Makassar

Dr. Lukman Daris, S.Pi., M.Si yang ditunjuk selaku Kepala LPH Universitas Cokroaminoto Makassar (UCM) telah mempersiapkan secara matang kesiapan LPH UCM menjadi salah satu LPH yang siap beroperasi pada tahun 2020.

Kesiapan tersebut terlihat dari proses rekrutmen calon auditor; pemaparan visi, misi, dan program kerja; penyusunan pedoman mutu dan standar mutu; kesiapan laboratorium yang terakreditasi baik milik sendiri maupun lewat mitra kerjasama, tandas Ariyadi diakhir sambutannya.

Turut hadir dalam visitasi yakni; Rektor UCM, Prof. Dr. H. M. Tahir Kasnawi, SU, Kepala LPH UCM, Dr. Lukman Daris, S.Pi., M.Si, Sekretaris Yayasan Sari Sulawesi Selatan, Dr. Johari Rugani, MA dan Hj. Ridha, SE., MM, Bendahara Yayasan Sari.

Selain itu, turut hadir juga Wakil Rektor II UCM, Roswiyanti, SE., MM Sekretaris LPH UCM, Andi Ummung Sulolipu, S.P., M.Si, dan Koordinator Auditor LPH UCM) Dr. Ismail Marzuki, S.Si., M.Si.

Dr. Lukman Daris mengemukakan bahwa LPH UCM saat ini telah memiliki 14 orang calon auditor dan 11 orang diantaranya telah memenuhi syarat pendidikan yang layak untuk diangkat menjadi auditor.

Syarat pendidikan minimal seorang auditor adalah berpendidikan S1 dibidang kimia, biologi, farmasi, gizi, teknologi pangan, teknologi hasil pertanian dan perikanan.

LPH UCM juga telah menyiapkan laboratorium pemeriksaan produk halal sebanyak 4 unit, yaitu laboratorium Fakultas Perikanan UCM, laboratorium Kesehatan Dasar Fakultas Kesehatan UCM, laboratorium Biologi dan Fisika SMA Cokroaminoto.

Serta laboratorium Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAPPP) Maros milik Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.