LLDikti IX Gelar Rapid Test Bekerjasama RS Sandi Karsa

 

Makassar - Seiring Era New Normal Bagi ASN dan adanya Pelonggaran PSBB dalam menjalani situasi pandemik Covid-19, maka pegawai di lingkungan LLDIKTI IX dimungkinkan masuk kerja dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan penerapan physical distancing. Para pegawai sebelum masuk kerja, telah menjalani rapid test sebagai metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu Immunoglobulin M (IgM) dan Immunoglobulin G (IgG) yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan Virus Corona yang dilaksanakan di kantor LLDIKTI IX yang bertempat di Jalan Bung Tamalanrea Kota Makassar pada hari Minggu, 07 Juni 2020.

Dengan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Makassar, Pegawai Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo sesuai rencana akan masuk kantor dan memberi pelayanan mulai Senin, 08 Juni 2020.

Pemeriksaan rapid tes ini bekerjasama dengan RS Sandi Karsa dibawah naungan Yayasan Sandi Karsa Makassar yang dihadiri Kepala LLDIKTI IX yaitu Prof. Dr. Jasruddin, M.Si. dan Sekretaris Pelaksana Drs. Andi Lukman, M.Si. serta seluruh jajarannya.

Menurut Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi dan Gorotalo yaitu Prof. Dr. Jasruddin, M.Si. menyampaikan Kuncinya tetap jaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan dari World Health Organization (WHO).

 “Hadir juga dalam kegiatan tersebut Ketua Yayasan Sandi Karsa yaitu dr. Wahyudi Hardi, M.Kes. yang ikut hadir mendampingi tim kesehatannya yang dipimpin langsung oleh dr. Rysna Wahyu, Sp.PK.,”ujar Prof. Jas.

Salah satu tim medis RS Sandi Karsa yaitu Bakri Umar menjelaskan bahwa Rapid tes ini merupakan screening awal, bukan merupakan diagnosa. Sampai saat ini yang merupakan diagnosa adalah dengan metode PCR.

“Cara pengambilan spesimennya dengan usap dahak yang ada di bagian belakang hidung,” Ungkap Bakri Umar salah satu tim yang ikut dalam pemeriksaan rapid tes tersebut.

Turut hadir Wakil Direktur 1 serta Wakil Direktur 3 Politeknik Sandi Karsa, Dr. Ns. Trimaya CM, S.Kep., M.Kes. dan Apt. Sainal Edi Kamal, S.Si., M.Kes. yang ikut mendukung kegiatan tersebut.

(Tenri_lldikti9)