Sulawesi Education & Techno Expo 2020 : Mencetak SDM Unggul dan Berdaya Saing di Era Industri 4.0

 

“Pendidikan merupakan bagian terpenting dalam membangun Bangsa yang berkualitas. Dalam rangka percepatan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka hasil-hasil pendidikan harus dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Dalam pameran pendidikan dan inovasi perguruan tinggi ini, diharapkan para pelajar di Sulawesi Selatan tidak hanya terserap oleh perguruan tinggi yang ada di pulau Sulawesi, namun juga bisa mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yang ada di pulau jawa maupun pulau sumatera, bahkan di pameran tahun mendatang, jika ada perguruan tinggi asing yang menawarkan beasiswa, maka para generasi muda Sulawesi Selatan khususnya lulusan sekolah menengah atas tentunya berpeluang dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi asing yang bertaraf internasional.” Demikian ditegaskan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IX Prof.Dr. Jasruddin, M.Si. saat memberikan sambutan dalam pembukaan pameran pendidikan & inovasi perguruan tinggi ke 13 pada Selasa (18/02/2020) bertempat di Gedung Celebes Convention Center Makassar.

Pameran Pendidikan & Inovasi Perguruan Tinggi Ke 13 atau disebut juga ‘Sulawesi Education & Techno Expo 2020’ ini diikuti oleh 72 Exhibitor Perguruan Tinggi beserta 238 Sekolah Menengah yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Pembukaan pameran diawali dengan atraksi marching band Gita Abdi Praja dari taruna-taruni IPDN Sulawesi Selatan, kemudian pembacaan do’a pembuka, dan dibuka secara resmi dengan pidato sambutan oleh Prof.Dr. Jasruddin, M.Si. selaku Kepala LLDIKTI Wilayah IX, pidato sambutan oleh Andi Sudirman Sulaiman, S.T. selaku Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, kemudian sesi Pemukulan Gong Bersama dengan para pimpinan perguruan tinggi sebagai tanda dibukanya Pameran Pendidikan & Inovasi Perguruan Tinggi ke 13 yang diselenggarakan oleh LLDIKTI Wilayah IX dan didukung oleh Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Animo para pelajar, mahasiswa serta masyarakat luas, cukup tinggi dalam mengikuti pameran pendidikan tinggi ini, sebab dalam pameran ini diadakan pula berbagai jenis lomba yang diikuti sekolah menengah serta mahasiswa perguruan tinggi seperti Festival Pelajar Tingkat SMA/SMK Sederajat, VLOG Competition, dan Ajang Kreasi Mahasiswa yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari yaitu dari tanggal 18 Februari sampai 20 Februari 2020.

Adapun jenis lomba dan pemenang lomba dalam Sulawesi Education & Techno Expo 2020 ini adalah sebagai berikut :

- Lomba Tari Tradisional Kreasi

  Juara I : SMA Negeri 4 Maros

  Juara II : SMA Negeri 5 Makassar

  Juara III : SMA MAHAPUTRA Tello

  Juara Harapan I : SMA Negeri 3 Makassar

  Juara Harapan II : SMA Negeri 3 Bone

  Juara Harapan III : SMA Negeri 11 Makassar

  Juara Favorit I : MAN 3 Bone

  Juara Favorit II : SMK Handayani

- Lomba Festival Band

  Juara I : SMK TELKOM

  Juara II : SMA Negeri 3 Bone

  Juara III : SMA Kristen Pelita Kasih

  Juara Harapan I : SMA ZION

  Juara Harapan II : SMA Negeri 5 Makassar

  Juara Harapan III : SMA Negeri 8 Makassar

  Juara Favorit : SMA Negeri 16 Makassar

- Kompetisi VLOG

  Juara I : SMK Negeri 1 Pangkep

  Juara II : SMA Negeri 9 Maros

  Juara III : SMK Negeri 1 Maros

Pameran Pendidikan Tinggi ini diakhiri dengan pidato penutup oleh Dr. H. Muh. Said, M.Pd. yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dan ditutup secara resmi oleh Drs. H. Andi Rusdam, M.M. yang mewakili Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi & Gorontalo. (tenri/lldikti9)