Wagub Sulsel Dukung Alumni Perguruan Tinggi Hadapi Era Industri 4.0

 

“Untuk menjadi mahasiswa yang siap dan matang dalam menghadapi revolusi industri 4.0, mahasiswa tidak boleh hanya menyerap ilmu dari dosen secara mentah di perkuliahan saja, namun mahasiswa juga perlu memiliki keterampilan lebih diluar kegiatan akademik seperti keterampilan berkomunikasi, public speaking, dan keterampilan lainnya misalnya ilmu teknik pertambangan atau membuat saluran pipa minyak bawah laut yang lebih spesifik dan dibutuhkan dalam lapangan kerja.” Demikian disampaikan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, S.T. saat memberikan sambutan dalam pembukaan Sulawesi Education & Techno Expo Tahun 2020 pada Selasa (18/02/2020) yang diselenggarakan di Gedung Celebes Convention Center (CCC) Makassar.

Dalam kesempatan ini, Andi Sudirman Sulaiman yang merupakan peraih beasiswa Thiess Indonesia Undergraduate Scholarship Program ini menyampaikan bahwa masyarakat tidak perlu takut menghadapi era industri 4.0, namun generasi muda khususnya alumni perguruan tinggi harus lebih inovatif sebab revolusi industri 4.0 dalam lima tahun mendatang akan menghapus 35% jenis pekerjaan, dan bahkan 10 tahun yang akan datang, jenis pekerjaan yang akan hilang bertambah menjadi 75%. Hal ini akan menyebabkan tingkat pengangguran di Indonesia akan terus bertambah jika alumni perguruan tinggi tidak mempunyai soft skill atau keterampilan spesifik dalam lapangan kerja. Oleh karenanya perlu dorongan peningkatan SDM agar mampu berdaya saing global.

“Revolusi industri 4.0 diharapkan dapat menciptakan tambahan 10 juta lapangan kerja baru hingga tahun 2030 mendatang. Untuk mencapai target tersebut, pemerintah terus menggenjot implementasi roadmap industry 4.0 guna menghadapi perubahan tren dunia yang begitu cepat.” Tegas pria kelahiran 37 tahun lalu yang pernah menjabat sebagai Project Controls Engineer pada PT.PETROSEA TBK Australia ini.

 “Meski begitu era digitalisasi juga akan menyediakan semakin banyak kesempatan kerja baru. Hal ini berbanding lurus dengan era industri 4.0 yang mengedepankan penguasaan teknologi dan menuntut adanya peningkatan kemampuan tenaga-tenaga kerja Indonesia.” Pungkas Andi Sudirman Sulaiman selaku Wakil Gubernur Sulawesi Selatan yang sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Prof.Dr. Jasruddin, M.Si. selaku Kepala LLDIKTI Wilayah IX yang telah mendukung terselenggaranya Pameran Pendidikan dan Inovasi Perguruan Tinggi ke – 13 ini yang diikuti oleh berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta, baik itu perguruan tinggi yang ada di wilayah Sulawesi maupun dari luar wilayah Sulawesi seperti Pulau Jawa dan Sumatera.

Dalam Pameran Pendidikan ini, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan beserta para jajaran Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan menyempatkan mengunjungi stand perguruan tinggi peserta pameran diiringi dengan berbagai tarian kesenian budaya yang dipersembahkan oleh para pelajar sekolah menengah atas serta para mahasiswa dari perguruan tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah IX.  (tenri/lldikti9)