Mengawal Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan Melalui Permendikbud Nomor 2 Tahun 2020

Selasa, 03 Feb 2020 | 07:51:03 WIB - Oleh Andi Tenri Dio Nasrun


Mengawal Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan Melalui Permendikbud Nomor 2 Tahun 2020

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan. Adapun pelaksanaan uji kompetensi ini bertujuan untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan perilaku peserta didik pada perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang kesehatan.

Oleh karena itu pada hari Jum’at (31/1/2020), bertempat di Auditorium LLDIKTI IX, Prof.Dr.Jasruddin, M.Si. selaku Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi telah mengadakan pertemuan dengan para pimpinan perguruan tinggi bidang kesehatan beserta para pengurus Asosiasi Himpunan Perguruan Tinggi Kesehatan untuk membahas tindak lanjut pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan berdasarkan Permendikbud Nomor 2 Tahun 2020 khususnya pada pasal 4 (empat) dan pasal 6 (enam) yang berkaitan dengan syarat peserta uji kompetensi dan komite nasional yang berhak menyelenggarakan uji kompetensi terhadap mahasiswa bidang kesehatan.

“Permendikbud Nomor 2 Tahun 2020 ini masih perlu dikawal bersama oleh para penggiat akademik di bidang kesehatan, sebab uji kompetensi ini bukan hanya sekedar mengukur pengetahuan mahasiswa terkait mata kuliah yang telah dipelajari selama masa studi, namun yang paling utama apakah pembelajaran tersebut dapat menghasilkan keterampilan untuk ditempatkan di lapangan kerja yang terkait dengan bidang kesehatan dalam lingkungan masyarakat.” tegas Prof. Jasruddin dengan didampingi Drs. Andi Lukman, M.Si. selaku Sekretaris LLDIKTI IX saat memberikan sambutan pertemuan bersama Asosiasi PTS Kesehatan dan Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di bidang kesehatan dalam lingkungan LLDIKTI Wilayah IX.

Adapun narasumber yang hadir dalam pertemuan ini ialah Gunarni, SKM.,M.Kes. selaku Sekretaris Asosiasi Himpunan Perguruan Tinggi Kesehatan (HPT-Kes), drg.Bambang Roesmono, M.M. selaku Dosen DPK pada STIKES Muhammadiyah Sidrap, serta Prof.Dr. Ma’ruf Hafidz, SH.,MH. Dan Prof.Dr. Mu’in Fahmal, SH.,MH. selaku pengurus Dewan Etik Dosen LLDIKTI Wilayah IX. 

“Dalam mekanisme pelaksanaan uji kompetensi juga terkesan melupakan keterampilan dan sikap seolah-olah jika telah mengisi lembar jawaban diatas kertas kita telah mempunyai keterampilan dan sikap sesuai standar profesi bidang kesehatan, sehingga hasil proses akademik yang ditempuh mahasiswa selama kurang lebih 4 tahun, dapat dihancurkan atau diselamatkan oleh hasil uji kompetensi diatas kertas yang hanya berlangsung sekitar 3 jam pelaksanaan secara teknis.” pungkas Prof. Jasruddin saat menjelaskan pentingnya mempertimbangkan masa depan alumni perguruan tinggi bidang kesehatan, agar tidak semata ditentukan oleh faktor uji kompetensi dan sertifikat kompetensi berdasarkan Permendikbud Nomor 2 Tahun 2020 ini.

Dalam kesempatan ini, Gunarni selaku Sekretaris HPT-Kes juga menyampaikan bahwa dalam uji kompetensi ini selain mengukur pengetahuan lulusan bidang kesehatan, seharusnya juga mengutamakan capaian sikap dan keterampilan ditempat kerja saat menangani pasien secara langsung, sehingga dapat disaksikan bahwa mahasiswa atau alumni Perguruan Tinggi Bidang kesehatan memang kompeten di lapangan kerja sesuai profesinya masing-masing.

Pertemuan ini dihadiri oleh berbagai perguruan tinggi swasta bidang kesehatan maupun yang menyelenggarakan program studi bidang kesehatan, diantaranya yaitu AKBID Buton Raya, STIKES Mandala Waluya, Politeknik Bau-Bau, AKBID Batari Toja Watampone, AIGI YPAG Makassar, AKBID Pelamonia, Universitas Muslim Indonesia, STIKES Widya Nusantara Palu, AKBID Lapatau Bone, AKBID Konawe, AKPER YAPI Barru, STIK GIA, AKPER YPPP Wonomulyo, STIKES Amanah Makassar. Adapun Asosiasi Bidang Kesehatan yang hadir dalam pertemuan ini ialah Pengurus Organisasi Profesi Ahli Farmasi, AIPNI, AIPKIND, IBI, dan Himpunan Perguruan Tinggi Bidang Kesehatan. (Tenri/lldikti9)




Kamis, 29 Jan 2020, 07:51:03 WIB Oleh : Andi Tenri Dio Nasrun 509 View
PERMENDIKBUD R.I. Tahun 2020
Senin, 27 Jan 2020, 07:51:03 WIB Oleh : Andi Tenri Dio Nasrun 374 View
Beasiswa Luar Negeri (Universitas Bologna Italia)
Senin, 27 Jan 2020, 07:51:03 WIB Oleh : Andi Tenri Dio Nasrun 258 View
Kebijakan Merdeka Belajar