Seminar 4 Pilar Kebangsaan : STIKES Nani Hasanuddin Dukung Ketahanan Nasional Di Bidang Kesehatan

Jumat, 07 Feb 2020 | 23:27:40 WIB - Oleh Andi Tenri Dio Nasrun


Seminar 4 Pilar Kebangsaan : STIKES Nani Hasanuddin Dukung Ketahanan Nasional Di Bidang Kesehatan

Seminar Empat Pilar Kebangsaan dengan tema 'Membangun Generasi Sehat Memperkokoh NKRI' yang dilaksanakan pada hari Kamis (6/2/2020) yang bertempat di Aula STIKES NANI HASANUDDIN Makassar ini menghadirkan Senator DPD – RI sekaligus anggota MPR – RI Periode 2019 - 2024 yaitu Dr.H.Ajiep Padindang, S.E.,M.M. yang juga merupakan anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Periode 1999 - 2004.

Seminar ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan penyerahan Cinderamata dari narasumber Dr. Ajiep Padindang, S.E.,M.M. kepada Dr. Yasir Haskas, M.M.Kes. selaku Ketua STIKES NANI HASANUDDIN. Saat membuka seminar ini,  Yasir Haskas mengemukakan bahwa latar belakang diadakannya seminar empat pilar kebangsaan ini ialah untuk mengingatkan kembali para pemuda khususnya mahasiswa di bidang kesehatan untuk tetap mengingat Pancasila sebagai simbol pemersatu kemajemukan rakyat Indonesia, sebab generasi muda memiliki peranan dan kontribusi yang penting dalam menentukan ketahanan nasional Indonesia di masa depan.

Seminar empat pilar kebangsaan ini dihadiri oleh segenap unsur sivitas dan akademik meliputi pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) beserta para Dosen Tetap dan 150 mahasiswa yang berasal dari 4 Program Studi yaitu S1 Keperawatan, D3 Keperawatan, D3 Kebidanan, dan D3 Farmasi. Adapun unsur pimpinan di lingkungan STIKES NANI HASANUDDIN ialah Sri Darmawan, SKM., M.Kes. selaku Wakil Ketua I, Ns. Erna Kadrian, S.Kep.,M.Kep. selaku Wakil Ketua II, dan Syaifuddin Zaenal, SKM.,M.Kes. selaku Wakil Ketua III. Seminar ini disambut dengan antusias oleh para Dosen dan Mahasiswa di lingkungan STIKES NANI Hasanuddin sebab semangat kemerdekaan dan aktualisasi cinta Indonesia harus ditanamkan pada generasi pelajar di era globalisasi dan era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini.

Dalam kesempatan ini, Dr. Ajiep Padindang, S.E.,M.M. sebagai narasumber menjelaskan bahwa pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis. Para mahasiswa khususnya dalam bidang kesehatan dimotivasi agar dapat menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan cara meningkatkan ketahanan nasional melalui pelayanan kesehatan primer.

“Pendidikan tenaga kesehatan seperti dokter, perawat dan bidan pada Pelayanan Kesehatan Primer juga merupakan suatu hal yang sangat penting. Ilmu mengenai hal tersebut seharusnya dikenalkan semenjak bangku kuliah sehingga lulusan tenaga kesehatan sudah familiar dalam bentuk pelayanan kesehatan ini, sehingga mampu ditempatkan secara langsung di berbagai pusat layanan kesehatan yang ada di seluruh daerah di Indonesia.” Ujar Doktor Manajemen alumni PPs Universitas Muslim Indonesia ini.

“Banyak cara yang dapat diupayakan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan melalui konsep Pelayanan Kesehatan Primer, diantaranya dengan mengupayakan pendayagunaan dan kerjasama antara pemerintah, masyarakat dan sektor swasta dalam membangun pelayanan kesehatan yang adil dan merata, mengupayakan pelayanan promotif dan preventif, serta memanfaatkan teknologi informasi secara tepat guna pada berbagai pelayanan kesehatan yang ada didalam konsep pelayanan kesehatan primer tersebut.” Tegas Anggota DPD-RI dari Dapil Sulawesi Selatan ini.

Dalam seminar empat pilar kebangsaan ini, para mahasiswa diberikan kesempatan untuk berdialog dan berdiskusi secara langsung dengan narasumber seminar. Adapun hal yang cukup antusias ditanyakan oleh peserta dalam diskusi seminar ini ialah mengenai pelaksanaan uji kompetensi mahasiswa bidang kesehatan, isu kenaikan iuran BPJS, dan perluasan lapangan kerja untuk tenaga kesehatan di Indonesia.

Dalam diskusi dengan para mahasiswa STIKES NANI HASANUDDIN ini, Dr.H.Ajiep Padindang, S.E.,M.M. selaku Ketua Komite IV sekaligus Pansus Penyempurnaan Tata Tertib pada DPD-RI ini turut menyampaikan bahwa bangsa yang kuat berasal dari kualitas generasi mudanya dalam hal ini para Dokter, Analis Farmasi, Perawat, Bidan, dan tenaga kesehatan lainnya diharapkan berkontribusi dengan ikhlas sesuai etika profesi dan kode etik kesehatan untuk mendukung tersedianya pelayanan kesehatan yang paripurna, bermutu dan berkeadilan, menjamin ketersediaan dan pemerataan sumber daya kesehatan sehingga tercipta ketahanan nasional dalam memayungi upaya pelayanan kesehatan di negeri kita Indonesia tercinta. (tenri/lldikti9)




Rabu, 05 Feb 2020, 23:27:40 WIB Oleh : Andi Tenri Dio Nasrun 891 View
Masukan Diskusi Rakornas Badan Riset Dan Inovasi 2020
Selasa, 04 Feb 2020, 23:27:40 WIB Oleh : Akademik 768 View
Verifikasi Calon Wisudawan
Selasa, 04 Feb 2020, 23:27:40 WIB Oleh : Andi Tenri Dio Nasrun 706 View
Penjaringan Dan Pemilihan Rektor Universitas Negeri Makassar Periode 2020-2024