Detail Berita | Daftar Berita

Temu Ilmiah 2018 LLDikti Wilayah IX Fokus pada Statuta dan Penguatan Reformasi Birokrasi

Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo kembali menggelar Temu Ilmiah di Aula Ridwan Saleh Mattayang, Kantor LLDikti Wilayah IX.

 

Kegiatan yang digelar selama dua hari mulai hari Senin, 15 Oktober 2018 hingga Selasa, 16 Oktober 2018 tersebut dihadiri oleh 79 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

 

Temu Ilmiah kali ini mengangkat tema “Penyusunan Statuta Perguruan Tinggi Swasta dan Penguatan Reformasi Birokrasi” dengan menghadirkan Narasumber Kepala LLDIKTI Wilayah IX Prof. Dr. Jasruddin, M.Si. dan Sekretaris LLDIKTI Wilayah IX, Dr. Hawingnyo M.M. untuk materi Penguatan Reformasi Birokrasi.

 

Adapun narasumber untuk Penyusunan Statuta PTS adalah Prof. Dr. Suradi Tahmir, MS dan Prof. Dr. Abd. Rahman, SH. MH.

 

Sekretaris LLDIKTI Wilayah IX, Dr. Hawignyo, MM saat membuka kegiatan temu ilmiah tersebut menyampaikan berbagai upaya yang telah dilakukan LLDIKTI Wilayah IX dalam mengimplementasikan program Reformasi Birokrasi.

 

Menurut beliau, transformasi Kopertis menjadi LLDIKTI menjadi momentum yang sangat tepat untuk melakukan perubahan dalam berbagai aspek tata kelola lembaga, khususnya pada mental aparatur, sumber daya manusia, tata laksana, pengawasan, akuntabilitas kinerja serta pelayanan publik.

 

“Ke depan layanan di LLDIKTI wilayah IX kepada PTS akan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi agar pelayanan yang diberikan menjadi better (lebih baik), faster (lebih cepat) dan cheaper (lebih efisien) sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.’, ujar Dr. Hawignyo, MM.

 

Di dalam Peraturan Menristekdikti No. 16 tahun 2018 tentang Pedoman Tata Cara Penyusunan Statuta Perguruan Tinggi Swasta, telah ditekankan kewajiban bagi setiap PTS untuk memiliki statuta. Statuta PTS tersebut disusun sesuai dengan tata nilai, perkembangan, dan kebutuhan masing-masing PTS, selaras dengan Rencana Strategis Kemenristekdikti, dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Statuta PTS merupakan peraturan dasar pengelolaan perguruan tinggi yang akan digunakan sebagai landasan penyusunan peraturan dan prosedur operasional di masing-masing PTS.

 

Kepala LLDikti Wilayah IX, Prof. Dr. Jasruddin, M.Si. dalam sambutannya saat menutup kegiatan ini berharap dengan penyusunan statuta tersebut, PTS dapat menerapkan tata kelola yang baik dengan menerapkan prinsip transparansi, akuntabilitas, bertanggungjawab, adil, kemandirian, kesetaraan, dan kewajaran.

 

“Setiap PTS setelah pulang dari Temu Ilmiah ini agar segera membuat Statuta yang isinya harus merespon perubahan yang terjadi di dunia pendidikan contohnya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan masuknya PT asing ke Indonesia”, tegas Prof. Dr. Jasruddin, M.Si

 

Sebelumnya kegiatan Temu Ilmiah ini telah diselenggarakan di lima provinsi lain di wilayah kerja LLDIKTI IX yaitu Sulawesi Utara (12/9/2018), Sulawesi Tengah (17/9/2018), Sulawesi Tenggara (20/9/2018), dan Gorontalo (25/9/2018). (Irfany)

Event

Komunitas

Link Pendidikan